Jumat, 21 Januari 2011

Fixie Bike, Primadona Jalan Ibu Kota


Di tengah padatnya jalan perkotaan yang makin hari makin penuh sesak dan populasi kendaraan bermotor yang terus meningkat, kini sebagian masyarakat banyak yang mensiasati fenomena tersebut dengan beralih lagi ke era bersepeda. Mulai dari pegawai negeri,swasta,wiraswasta hingga kalangan selebritis pun mengaplikasikan sepeda sebagai sarana transportasi penghubung atau sekedar commuter.

Beragamnya komunitas sepeda di kota kota besar menjadi  sorotan dan perhatian masyarakat banyak yang cukup menarik dan layak di dukung karna programnya untuk mengurangi polusi udara. Salah satunya adalah Fixie Bike atau sering disebut dengan jenis Fixed Gear. Jenis sepeda ini dahulunya dikenal sebagai transportasi untuk porter pos / pengantar surat kabar di New York Amrik sana, dan sekarang di kembangkan lagi sebagai jenis sepeda modis dan gaul karna dari bentuknya yang identik dengan minimalis dan warna yang dibuat ngejreng tampak sexy yang disesuaikan dengan gaya hidup masa kini.


Salah satu ciri khas dari sepeda Fixie ini adalah sepeda tanpa rem dan tanpa gear dinamis dibelakang, semua dibuat fix jika roda berputar maka pedal pun ikut berputar. Mengerem sepeda Fixie hanya mengandalkan kekuatan pedal dengan menahan laju atau mendorong pedal dengan menahan laju atau mendorong pedal kebelakang. Model ban sepeda Fixie juga tipis,sehingga ringan ketika di genjot, kemudian stang atau handlebar dibuat tegak lurus. Minimalis design menjadi cirri khas sepeda single speed ini.

Maraknya pengguna sepeda Fixie dijalan jalan kini menjadi primadona dan sebuah objek keindahan tersendiri . Sampai saat ini di berbagai kota besar sudah bertebaran komunitas-komunitas pecinta fixie bike yang tiap akhir pekan ngumpul untuk sekedar sharing dan dan tukar trik cara bersepeda Fixie yang baik. Mungkin di Indonesia anak anak remaja lah yang masih mendominasi pengguna sepeda Fixie yang mereka gunakan sebagai pelengkap gaya hidup. Ada yang mulai dari beli jadi hingga custom atau rakitan. Kita lihat saja populasi sepeda fixie ini akan mewarnai di setiap penjuru jalan di tahun ke depan.

by : Benx

.






0 comments:

Posting Komentar

Mix Horoscopes

Recent Posts